Sistem pembumian atau pentanahan yang efektif adalah permintaan dasar dari semua struktur bangunan modern selain itu juga diperlukan untuk system operasional dari segi keamanan terhadap kebocoran tegangan listrik. Pembumian umumnya merupakan keharusan untuk keperluan peralatan antar lain :
1. Pembangkit listrik serta sistem transmisi dan distribusinya.
2. Penangkal petir.
3. Pembuangan listrik statis.
4. Telekomunikasi.
5. Peralatan computer
 Konduktor
Untuk konduktor di dalam tanah, sebaiknya di gunakan tembaga yang tahan terhadap korosi dan ekonomis plat tembaga atau cooper tape sangat cocok untuk sistem yang memerlukan kehandalan dalam jangka waktu yang lama.
Sudut Pembelokan Sambungan Konduktor
Earth rods dan Earth plates
Untuk mencapai pembumian yang efektif diperlukan batangan tembaga Earth rods yang ditanam kedalam tanah dengan kedalaman tertentu. Namun bila kedalaman tanah terbatas misal, ditanah yang berbatu dapat juga mengunakan lembaran tembaga Earth plate. Lembaran tembaga juga digunakan sebagai proteksi terutama di gardu listrik tengangan extra tinggi.
 Konektor dan Terminal
Konduktor yang baik juga memerlukan konektor yang baik untuk penyambungan, selain itu terminal dengan kwalitas tinggi tidak kalah pentingnya untuk membangun sistem yang handal dan tahan lama. 70% gangguan yang terjadi pada installasi pembumian terjadi karena sambungan yang tidak sempurna dan terminasi yang longgar. Ini semua diperburuk oleh korosi alamiah, namun bilamana kita menggunakan materil dengan mutu yang baik semua gangguan dapat di perkecil
 Earth Inspection Pits
Batang tembaga yang ditanam di tanah harus mempunyai bak-kontrol yang memadai guna memudahkan pemeliharaan dan menjaga kwalitas pembumian tetap prima. sistem bak kontrol PVC di desain sangat efficient dan dapat menahan berat sampai 5Ton, sehingga aman untuk di pasang di jalan yang dilalui kendaraan.
Sistem Perlindungan Electronic Transient Over Voltage
Surge atau lonjakan tegangan tinggi meskipun terjadi sesaat bahkan tidak lebih dari 1/20 detik cukup dapat merusak peralatan elektronik yang sensitif. umumnya peralatan listrik (AC) dapat bekerja dengan baik dengan tegangan yang berkisar -/+10% dan dapat bertahan pada tegangan 700V untuk durasi tidak lebih dari 200 micro detik.
Karena surge terjadi sangat cepat, sehingga kejadian tersebut tidak dapat di lihat mata kita, namun percayalah bahwa dalam 1 hari terjadi banyak transient atau overvoltage, surge dengan sekala bervariasi mulai dari beberapa volt sajasampai ribuan volt per kejadian. Fungsi perlindungan dari installasi penangkal petir untuk proteksi peralatan seperti, Komputer, Data communication network, Building management, PABX, CCTV, Alarm, Telekomunikasi, PLC.
EARTHING (ARDE)
Batang elektroda pentanahan atau arde merupakan peralatan yang terbuat dari bahan tembaga yang bersifat konduktor atau penghantar yang baik, Batang elektroda pentanahan atau arde ini di tanam ke dalam tanah dan berfungsi sebagai penyalur atau meneruskan arus listrik dari konduktor arde ke dalam bumi
Spesifikasi arde yang dibutuhkan antara lain :
1. Sangat di perlukan kondisi arde yang baik agar mampu menghilangkan arus petir dengan cara cepat dan aman ke dalam bumi.
2. Yang memiliki tahanan tanah < 5 ohm.
Tujuan utama dari berbagai sistem pentanahan tersebut adalah untuk mendapatkan tahanan kontak ke tanah yang cukup kecil. Untuk mengetahui sejauh mana tahanan kontak ke tanah dapat diperkecil,
Pengukuran Tahanan Jenis Tanah
Faktor keseimbangan antara tahanan pengetanahan dan kapasitas di sekelilingnya adalah tahanan jenis tanah yang direpresentasikan dengan harga tahanan jenis tanah pada daerah kedalaman yang terbatas tergantung dari beberapa factor, antara lain :
1. Jenis tanah : tanah liat, tanah berpasir, tanah berbatu.
2. Lapisan tanah : lapisan tanah berlapis dengan tahanan jenis berlainan.
3. Kelembaban tanah
4. Suhu / Temperatur tanah.
Tahanan jenis tanah bervariasi dari 500 sampai dengan 500.000 Ohm per cm3. kadang-kadang harga ini dinyatakan dalam Ohm-cm. pernyataan ohm-cm merepresentasikan tahanan di antara dua permukaan yang berlawanan dari suatu volume tanah yang berisi 1 cm3. Untuk mengurangi variasi tahanan jenis tanah akibat pengaruh musim, pengetanahan dapat di lakukan dengan menanamkan elektroda sampai mencapai kedalam di mana terdapat air tanah yang konstan.
Pada sistim pengetanahan yang tidak mungkin atau tidak perlu untuk ditanam lebih dalam sehingga mencapai air tanah yang konstan, dimana variasi tahanan jenis tanah sangat besar. Karena kadang kala penanaman memungkinkan kelembaban dan temperatur bervariasi, harga tahanan jenis tanah harus diambil untuk keadaan paling buruk, yaitu tanah kering.
Untuk mengukur tahanan jenis tanah diperlukan setelah diperoleh harga tahanan jenis tanah, dan biasanya diambil harga yang tertinggi, maka berdasarkan harga tahanan jenis tanah tersebut dibuat perencanaan pengetanahan. Jadi pada suatu perencanaan pengetanahan, pengukuran tahanan jenis tanah pada tempat di mana di dirikan penangkal petir sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.
 Konfigurasi Penanaman Elektroda Tanah
Elektroda yang banyak di gunakan adalah elektroda berbentuk batang dan elektroda strip. Dimana elektroda batang tersebut ditanam kedalam tanah dengan cara vertical dan elektroda strip ditanam kedalam tanah dengan cara horizontal.
Elektroda batang banyak di gunakan karena mudah pemasangannya terutama dapat memenuhi syarat nilai tahanan yang dibutuhkan, dapat juga di lakukan pemasangan beberapa elektroda secara paralel dan mempunyai keuntungan antara lain ; misalkan elektroda berada pada dua lapisan tanah yang mempunyai tahanan jenis yang berlainan, maka seandainya lapisan tanah yang di atas mempunyai tahanan jenis tanah yang tinggi tetapi lapisan tanah dibawahnya mempunyai tahanan jenis tanah yang rendah, maka elektroda pentanahan tetap dapat mencapai nilai tahanann jenis tanah yang rendah.
Elektroda strip digunakan bilamanan lapisan tanah di bawah permukaan tanah yang dangkal mempunyai tahanan jenis tanah yang rendah, sedangkan lapisan dibawahnya terdiri dari jenis tanah yang keras yang memiliki tahanan
jenis tanah yang tinggi. Sering juga dikombinasikan antara penanaman elektroda yang vertikaldengan yang horizontal untuk mencapai hasil yang lebih memuaskan.