Chat In Sibuea Blog

SENI DAN INSPIRASI


http://reddragondesigns.net/
Hover Effects

HUJAN SALJU

MY FAMILY

Alm.R.SIBUEA (Father)WITH J.br.MARPAUNG (Mother) Anak 1.E.ROHANI T SIBUEA 2.HIRAS P.M.SIBUEA 3.LUNGGUK Y.SIBUEA 4.DESI P.SIBUEA 5.TEDDY P.M.SIBUEA 6.NOVITA S.SIBUEA 7.LEDY C SIBUEA 8.GOMGOM ALEXSANDRO SIBUEA

Senin, 28 Oktober 2013

"Sidenuk Perdana di Klungkung Bali"

Klungkung, Bali (11/10/13); Padi varietas unggul Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Inpari Sidenuk untuk pertama kalinya disebar sekaligus ditangkarkan di wilayah Klungkung Bali. Penyebaran Inpari Sidenuk dilakukan di hamparan seluas 10 Ha Tempek (Kelompok) Uma Dalem, Subak Akah, Desa Akah, Kecamatan Klungkung, kabupaten Klungkung, provinsi Bali. Sementara itu penangkaran dilakukan di wilayah seluas 2 Ha.
Kegiatan penyebaran dan penangkaran varietas Sidenuk ini merupakan kerjasama BATAN dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Distan) Provinsi Bali dan termasuk dalam kegiatan Pemanfaatan Hasil Litbang Iptek Nuklir (PHLIN).
Menurut Kepala Bidang Produksi Distan Provinsi Bali I Wayan Sunarta, pihaknya berharap Sidenuk yang baru pertama kali ditanam di Klungkung ini dapat mencapai hasil yang bagus mengikuti mengikuti Kabupaten Tabanan yang terlebih dahulu mengikuti program PHLIN. Selain itu Wayan mengungkapkan keterlambatan penyebaran dan penangkaran di Klungkung ini dikarenakan petani di Bali tidak dapat memulai masa tanam kapan saja, tetapi harus mengikuti aturan adat Subak yang telah diwariskan secara turun temurun.
Sementara itu Klian (Ketua) Subak I Ketut Surita mengungkapkan antusiasmenya menanam Sidenuk kali ini, ia menyatakan apabila berhasil maka akan terus menanam Sidenuk, tetapi tidak menutup kemungkinan apabila hasilnya kurang baik ia akan mengevaluasi apakah akan menanam lagi atau tidak. Ia menambahkan permasalahan pertanian padi di Klungkung seperti serangan burung dan tikus kadang terjadi, namun dengan aturan adat Subak selama ini dapat diminimalisir, apabila ada petani yang melanggar akan dikenakan sanksi adat.
Klian Tempek I Wayan Nane menyatakan sawah di Klungkung bisa tiga kali tanam dalam setahun, dua kali padi dan satu palawija atau tanaman hortikultura. Beberapa jenis yang sering ditanam adalah kedelai, cabe, dan bunga pacar. Bunga pacar ditanam karena permintaan di bali tinggi karena bunga itu digunakan untuk upacara-upacara adat maupun keagamaan. Terkait dengan kedelai ia meminta kepada pihak BATAN agar diberi kesempatan menanam kedelai varietas unggul Mutiara. (Sibuea Mark Quark Hadron's .Sumber : Infonuklir)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More