Chat In Sibuea Blog

SENI DAN INSPIRASI


http://reddragondesigns.net/
Hover Effects

HUJAN SALJU

MY FAMILY

Alm.R.SIBUEA (Father)WITH J.br.MARPAUNG (Mother) Anak 1.E.ROHANI T SIBUEA 2.HIRAS P.M.SIBUEA 3.LUNGGUK Y.SIBUEA 4.DESI P.SIBUEA 5.TEDDY P.M.SIBUEA 6.NOVITA S.SIBUEA 7.LEDY C SIBUEA 8.GOMGOM ALEXSANDRO SIBUEA

Sabtu, 23 Februari 2013

Teknologi reaktor berbahan bakar uranium hidrida


Uranium hidrida (UH3) adalah senyawa yang mempunyai sifat unik. Dalam senyawa ini, atom uranium dikelilingi oleh tiga atom hidogen. Senyawa ini bila dipanaskan sampai pada temperatur lebih kurang 550oC maka senyawa akan mengalami desosiasi dan atom hidrogen akan lepas dari atom uranium induknya. Sebaliknya bila temperatur uranium turun di bawah temperatur desosiasi uranium hidrida, maka atom uranium akan mudah mengikat atom hidrogen membentuk senyawa uranium hidrida.


Dalam teori reaktor nuklir, diketahui bahwa uranium-235 sebagai bahan fisil akan lebih mudah berfisi bila tertumbuk oleh neutron lambat (disebut juga neutron termal) daripada bila tertumbuk oleh neutron cepat. Bila atom uranium-235 berfisi, maka atom uranium akan membelah dan dihasilkan 2 hingga 3 buah neutron cepat. Atom hidrogen dalam teori reaktor dikenal sebagai bahan moderator yang memperlambat kecepatan gerak neutron yang menumbuk atom ini.


Apabila sebuah neutron cepat menghampiri molekul senyawa UH3, maka sebelum neutron bertemu dan menumbuk atom uranium, neutron akan terlebih dahulu menumbuk atom hidrogen dan kecepatannya turun sehingga menjadi neutron lambat, setelah berubah menjadi neutron lambat maka bila neutron tersebut terus bergerak dan menumbuk atom uranium-235 selanjutnya akan terjadi reaksi fisi. Fenomena ini menunjukkan bahwa UH3 adalah senyawa unik yang memiliki sifat bahan bakar nuklir dan moderator neutron.


Suatu desain struktur reaktor yang terdiri dari tabung/bejana yang diisi dengan tepung UH3dapat dirancang untuk mempertahankan reaksi fisi berantai. Kondisi ini dapat tercapai bila susunan geometri dan kuantitas UH3 memenuhi kaidah kritikalitas dalam teori reaktor nuklir, sehingga komposisi geometri dan material mencapai kondisi kritis.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More